Sotthi Hotu, Selamat siang, Minggu, 16 Juni 2019  


Acara Keakraban Bhikkhu Hari ke-2 s/d Hari ke-4 di Vihara Bodhigiri, Wlingi, Blitar

Acara Keakraban Bhikkhu Hari ke-2: Diskusi Dhamma Bersama Y.M. Bhikkhu Sri Paññāvaro Mahāthera

Kegiatan Keakraban Bhikkhu hari ini diawali dengan chanting pagi dan meditasi bersama. Setelah sarapan, para bhikkhu berfoto bersama di pelataran Replika Candi Sumberawan.

Setelah foto bersama, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan penyampaian materi oleh Y.M. Bhikkhu Sri Paññāvaro Mahāthera. Diskusi dan penyampaian materi tersebut dilakukan dua kali pada pagi dan siang hari. Masing-masing di lantai dasar rumah abu dan ruang dhammasala.

Pada malam hari, para bhikkhu kembali melakukan chanting malam dan meditasi bersama, disambung dengan diskusi yang dipimpin oleh Y.M. Bhikkhu Uttamo Mahāthera.

Cukup banyak wawasan dan pengalaman yang dibagikan di antara anggota Saṅgha Theravāda Indonesia yang hadir dalam rangkaian acara hari ini. Hal tersebut diharapkan dapat memperteguh keyakinan serta menambah semangat dalam belajar, berlatih, dan melakukan pembinaan di masyarakat.

Semoga semua mahkluk hidup berbahagia. [rtj] @ Vihara Bodhigiri (Panti Semadi Bodhigiri)








Acara Keakraban Bhikkhu Hari ke-3: Diskusi Dhamma dan Praktik Meditasi Bersama Y.M. Bhikkhu Uttamo Mahāthera

Kegiatan Keakraban Bhikkhu hari ke-3 diisi dengan meditasi bersama dan diskusi yang dipimpin oleh Y.M. Bhikkhu Uttamo Mahāthera. Meditasi bersama dilakukan pada pagi hari setelah sarapan. Kemudian diskusi Dhamma pada sore hari dan setelah chanting malam. [rtj] @ Vihara Bodhigiri (Panti Semadi Bodhigiri)










Acara Keakraban Bhikkhu Hari ke-4: Pindapatta, Meditasi Mandiri, Diskusi Dhamma, dan Penutup

Pada hari ke-4 pelaksanaan kegiatan, para bhikkhu ber-pindapatta. Pindapatta dilakukan secara berbarengan di dua lokasi berbeda, yaitu di Dusun Lok Es, dekat Vihara Bodhigiri dan di Dusun Ngembul, dekat Vihara Dharma Triguna. Dalam prosesi pindapatta tersebut, tidak hanya umat Buddha saja yang memberikan dana makanan kepada para bhikkhu, umat Islam dan umat Hindu juga turut berpartisipasi.

Setelah sarapan, acara dilanjutkan dengan meditasi mandiri di area vihara. Para bhikkhu menentukan sendiri tempat untuk bermeditasi. Seperti telah diketahui, Vihara Bodhigiri merupakan salah satu tempat berlatih meditasi yang terkenal di Indonesia, dengan suasana, sarana, dan prasarana yang sangat mendukung untuk berlatih.

Pada sore hari, diskusi kembali dilakukan di lantai dasar rumah abu. Kemudian pada malam harinya, setelah chanting dan meditasi, dilakukan evaluasi kegiatan, yaitu penyampaian kesan, pesan, kritik, dan saran agar acara Keakraban Bhikkhu di masa mendatang dapat dilangsungkan dengan lebih baik lagi.

Y.M. Bhikkhu Uttamo Mahāthera selaku kepala vihara dan pemateri juga langsung menanggapi secara positif setiap kritik dan saran yang disampaikan, beliau berharap agar kegiatan yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat positif kepada setiap peserta yang hadir.

Acara kemudian ditutup oleh Y.M. Bhikkhu Guttadhammo Thera selaku Ketua Bidang Pendidikan, mewakili Saṅghanāyaka Saṅgha Theravāda Indonesia, Y.M. Bhikkhu Subhapañño Mahāthera. [rtj] @ Vihara Bodhigiri (Panti Semadi Bodhigiri)

 










Sumber: @Medkomsti

DIBACA: 125 kali