Sotthi Hotu, Selamat malam, Minggu, 27 Mei 2018  


Kegiatan penyambutan Hari Raya Tri Suci Waisak

Dalam rangka menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak 2562 BE tahun 2018, ribuan umat Buddha memadati kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, pada hari Minggu (6/5) kemarin. Beberapa kegiatan sosial digelar di lokasi tersebut. Mulai dari donor darah, pertunjukan kesenian, potong rambut, panggung gembira, bakti sosial, fangsen, hingga pengobatan gratis.

Kegiatan penyambutan Hari Raya Tri Suci Waisak ini telah berlangsung sejak bulan April lalu. Tepatnya pada Sabtu (28/4), sebanyak 1500 pohon ditanam di RPTRA Kali Jodoh dan sepanjang Jalan Tubagus Angke. Hari berikutnya disusul dengan penanaman seribu pohon mangrove di kawasan ekomarin Muara Angke. Selain itu juga ada pemberian santunan kepada 600 anak yatim dan tua jompo di Kampung Nelayan Muara Angke, sebagaimana yang diterangkan ketua panitia kegiatan Gema Waisak 2018 Michael Satya. Puncak dari ragam kegiatan penyongsong Waisak ini adalah piṇḍapāta.

Piṇḍapāta dihadiri sebanyak 31 orang bhikkhu dan 9 samanerā. Rute berrlangsung sepanjang di Jalan Hayam Wuruk dan Gajah Mada. Sebanyak sepuluh ribu umat Buddha ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Hasil piṇḍapāta yang terkumpul akan nantinya disumbangkan ke panti-panti asuhan dan warga yang membutuhkan.

Ribuan warga setempat menambahkan kemeriahan acara tersebut. Dengan adanya pentas seni yang telah dimulai dari pagi hingga malam hari. Momen tersebut dimanfaatkan mereka untuk berfoto dan berkreasi bersama dengan teman maupun keluarga.

Pengobatan dan potong rambut gratis yang diadakan di pelataran Fatahillah pun menjadi magnet yang cukup besar bagi pengunjung setempat.

“Berucap, bertindak, dan berpikir baik, mememperkokoh keutuhan bangsa,” merupakan tema kegiatan pada tahun ini yang juga merupakan tema waisak tahun ini. Dimana masyarakat, tidak terkecuali umat Buddha di Indonesia, diharapkan bisa menjaga keutuhan bangsa dengan menunjukan etika yang baik, seperti berucap dengan sopan, melakukan tindakan baik, dan selalu berpikir positif.
[Tim Medkom]




Sumber: @medkomsti

DIBACA: 114 kali