Sotthi Hotu, Selamat malam, Selasa, 13 November 2018  


Pendidikan Dhammavinaya bagi bhikkhu Saṅgha Theravāda Indonesia

Bangkok. Pada tanggal 7 Mei 2018, Saṅghanāyaka Saṅgha Theravāda Indonesia, Yang Mulia Sri Subhapannyo Mahāthera bersama bhikkhu Dhammajāto dan bhikkhu Dhammamitto berangkat ke Bangkok, untuk mengantar dan menitipkan bhikkhu Sakhadhammo dan bhikkhu Abhijāto belajar Dhammavinaya dan bahasa pāḷi di Wat Bowon Nivet Viharn, Bangkok, Thailand.

Pendidikan Dhammavinaya bagi bhikkhu Saṅgha Theravāda Indonesia terus dilakukan dengan mengirim para bhikkhu dan sāmaṇera pergi belajar ke negara-negara Buddhis di Thailand dan Sri Lanka.

Hari Selasa, 8 Mei 2018, pukul 08.15, Saṅghanāyaka Saṅgha Theravāda Indonesia telah menitipkan bhikkhu Sakhadhammo dan bhikkhu Abhijāto kepada kepala vihāra wat Bowon Nivet Viharn, Yang Mulia Somdet Pha Wanarat. Beliau menerima 2 bhikkhu tersebut untuk belajar Dhammavinaya dan bahasa pāḷi di bawah bimbingan beliau di Wat Bowon Nivet Viharn. Setelah itu, beliau memberikan wejangan dan harapan kepada saṅghanāyaka mengenai pentingnya pendidikan vinaya bagi bhikkhu di Indonesia yang sebagian besar tinggal sendiri di tempat -tempat yang berjauhan.

Bhikkhu senior yang turut andil dalam penerimaan 2 bhikkhu yang kita kirim belajar di Wat Bowon Nivet Viharn adalah ketua komite dan sekretaris, Yang Mulia Phra Theb Pariyattivimon dan Yang Mulia Phra Sri Visuddhikāvī. Dalam silaturahmi kami kepada beliau berdua, beliau dengan senang hati membantu dan mempersilakan bhikkhu Sakhadhammo dan bhikkhu Abhijāto menyapaikan kepada mereka, jika ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Nasehat beliau berdua kepada mereka adalah “Bersungguh-sungguhlah dalam belajar, sabar dan tabah karena bahasa yang tidak sama dengan bahasa Indonesia.

Bhikkhu senior yang kami kunjungi lagi adalah Yang Mulia Phra Tham Mongkhonvuḍḍhācarn (Punnyāgamo). Selain Beliau sebagai bhikkhu yang paling senior di Wat Bowon Nivet Viharn, beliau juga sebagai upajjhāya dari 3 bhikkhu anggota Saṅgha Theravāda Indonesia. Beliau juga sangat senang menerima kedatangan bhikkhu Indonesia yang akan belajar di Wat Bowon Nivet Viharn.

Esok paginya, Rabu, 9 Mei 2018, kami bertemu dengan padesanāyaka Bangkok dan bhikkhu pembina Dhammaduta bagian Indonesia, Yang Mulia Phra Theb Sangwarayan (Adhicitto). Sore harinya, kami mengantarkan bhikkhu Sakhadhammo dan bhikkhu Abhijāto betemu dengan kepala vihāra untuk meminta nissaya. Dengan pertemuan ini, selesailah tugas kami untuk menitipkan bhikkhu Sakhadhammo dan bhikkhu Abhijāto kepada kepala vihāra wat Bowon Nivet Viharn untuk belajar Dhammavinaya dan bahasa Pāḷi. (Ketua Bid.Urusan Luar Negeri, Saṅgha Theravāda Indonesia)






Sumber: @medkomsti

DIBACA: 255 kali