Sotthi Hotu, Selamat malam, Sabtu, 21 September 2019  


Peresmian Gedung Sekolah Asoka, Singkawang

WAKIL KEPALA SAṄGHA DAN KETUA UMUM SAṄGHA THERAVĀDA INDONESIA HADIRI PERESMIAN GEDUNG SEKOLAH ASOKA, SINGKAWANG

Upa-Saṅghapamokkha (Wakil Kepala Saṅgha) Saṅgha Theravāda Indonesia Y.M. Sri Subalaratano Mahāthera dan Saṅghanāyaka (Ketua Umum) Saṅgha Theravāda Indonesia Y.M. Subhapañño Mahāthera menghadiri peresmian gedung baru SMP-SMA-SMK Asoka sekaligus perayaan dasawarsa Sekolah Asoka, Singkawang (Kalbar), Minggu,7 Juli 2019. Hadir sebanyak 13 bhikkhu anggota Saṅgha Theravāda Indonesia, termasuk di antaranya jajaran wakil ketua: Bidang Sosial Budaya Y.M. Dhammakaro Mahāthera, Bidang Pendidikan Y.M. Guttadhammo Thera dan Padesanāyaka Kalimantan Barat Y.M. Upasamo Thera.

Kegiatan diawali dengan penampilan kesenian Barongsai dan tarian tiga entnis atau Tidayu (Tionghoa Dayak Melayu) yang dimainkan oleh siswa-siswi Sekolah Asoka, yang sekaligus untuk menyambut kedatangan Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI Caliadi, S.H., M.H. dan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, S.E. Pada kesempatan tersebut juga hadir para donatur, sponsor dan simpatisan umat Buddha dari berbagai kota. Acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari berbagai pihak.

Dalam sambutannya, Y.M. Subhapañño Mahāthera memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh simpatisan yang terlibat dalam pembangunan sekolah Asoka, terutama untuk Y.M. Ṭhitayañño Mahāthera selaku Ketua Yayasan Bahussuta, karena menaruh atensi pada pendidikan generasi muda Buddhis. Beliau menyinggung di Indonesia sangat banyak vihāra, tetapi minim sekolah Buddhis. Apresiasi juga diberikan oleh Walikota Singkawang dan Dirjen Bimas Buddha dalam masing-masing sambutannya. Selaku Walikota, Tjhai Chui Mie menyatakan bahwa keberadaan Sekolah Asoka membantu pemerintah dalam pembangunan kota Singkawang, khususnya dalam hal pendidikan. Ia berharap nantinya Sekolah Asoka dapat menjadi sekolah unggulan. Sambutan terakhir disampaikan oleh Dirjen Bimas Buddha dan ditutup dengan pembacaan doa oleh bhikkhu Saṅgha sekaligus pemotongan pita dan penandatanganan prasasti.

Selamat atas peresmian gedung baru dan dasawarsa Sekolah Asoka. Semoga menjadi sekolah yang berdaya guna dan berhasil guna dalam mencetak generasi muda bangsa pada umumnya dan generasi muda Buddhis khususnya yang, sesuai dengan motto Sekolah Asoka, Cendekia Berbudi Luhur Berkualitas Prima. [pbh / foto: rudy tan]







Sumber: @Medkomsti

DIBACA: 98 kali