• (021) 531 6060
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Everydays 09.00 - 17.00

Five Days Mindfulness oleh Bhante Dhammadhīro di Pusdiklat Buddhis Sriwijaya, Palembang

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Five Days Mindfulness merupakan program pengembangan batin selama 5 hari yang diadakan oleh Pusdiklat Sikkhadama Sriwijaya dari tanggal 25 sampai dengan 29 Desember 2019 dengan pembimbing
Y.M. Phra Mahā Dhammadhīro Mahāthera.

Bertempat di Pusdiklat Buddhis Sikkhadama Sriwijaya, Jl. Mayor Ruslan No. 843A / 1937,
Ilir Timur I, Palembang diikuti oleh 52 peserta dari dalam Kota Palembang, Jambi, Lampung, Tangerang dan Jakarta.

Dalam pembukaan latihan Bhante Dhammadhīro Mahāthera menyampaikan bahwa kita datang di sini untuk maju berperang. “Dalam berperang kita menderita, kok mau? Karena saat ini kita sadar, kita sedang dijajah. Dan sekarang saatnya kita melawan penjajah. Penjajah disini yaitu "Māra", personifikasi dari kilesa, pengotor batin (kebencian, keserakahan dan kebodohan batin).” Demikian petikan ceramah Beliau.

Acara 5 hari meditasi ditutup dengan perayaan ungkapan Muditacitta (turut berbahagia) umat atas pencapaian 30 Vassa Bhante dalam menjadi Bhikkhu.

Dilakukan pemotongan tumpeng nasi, tumpeng pempek dan kue. Dilanjutkan dengan siraman sebagai ungkapan bahagia umat kepada Bhante dilanjutkan dana makan siang, pelimpahan jasa kepada para leluhur dan semua mahluk agar mereka turut bersuka cita atas kebajikan yang telah dilakukan.

Diakhir acara, Bhante memberikan sertifikat kepada semua peserta yang telah mengikuti semua rangkaian acara pelatihan meditasi selama 5 hari ini. Dan memberikan pengarahan mengenai implementasi pengembangan batin ketika semua peserta kembali pada aktivitasnya masing-masing di rumah maupun di tempat kerja.
[snd/vis]
Sumber : FB@Medkomsti

© 2020 Sańgha Theravāda Indonesia. All Rights Reserved.