• (021) 531 6060
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Everydays 09.00 - 17.00

Peletakan Pertama Pembangunan Plaza Stupa di Vihāra Sasana Graha - Nunukan, Kalimantan Utara

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Minggu, 15 Maret 2020 pukul 08.30 WITA telah dilaksanakan ‘Peletakan Pertama Pembangunan Plaza Stupa’ di Vihāra Sasana Graha - Nunukan, Kalimantan Utara.

Hadir pada acara ini Padesanāyaka Kalimantan Utara YM. Adhikusalo Mahāthera, Kepala Vihāra Sasana Graha Nunukan: YM. Ṭhitaviriyo Thera, dan YM. Nandavīro.

Pada hari sebelumnya pada, 14 Maret 2020 diadakan Puja Bakti dan Pembacaan Paritta pemberkahan tanah dari India.

Acara Peletakan berlangsung sederhana dan dihadiri oleh umat dan simpatisan serta tetangga sekitar vihāra.
Acara diawali dengan Vandana dipimpin oleh YM. Adhikusalo Mahāthera dilanjutkan penampilan anak-anak Sekolah Minggu Vijjananda dan juga penampilan umat Vihāra Sasana Graha menyanyikan lagu "Terimakasih Mama".

Ketua Panitia pelaksana pembangunan, Bapak Rudiono Ismanto melaporkan bahwa akan dibangun Plaza Stupa dengan ukuran 10,5 X 10,5 X 10,5. Bersamaan dengan itu juga akan dibangun pagar vihāra dengan panjang sekitar 20 meter dan tinggi 2,5 meter.

Ceramah Dhamma oleh YM. Ṭhitaviriyo Thera, beliau menjelaskan tentang makna dan fungsi dari stupa adalah untuk menumbuhkan keyakinan pada Tiratana. Bahwa stupa adalah tempat disemayamkannya Relik Sang Buddha dan para Arahat.

Tanah yang diambil dari tempat bersejarah Sang Buddha di India ini diletakkan oleh YM. Adhikusalo Mahāthera didampingi oleh YM. Ṭhitaviriyo Thera dilanjutkan YM. Nandavīro dan para sesepuh serta beberapa umat.
Dilanjutkan penyerahan Amisa Dana dan pelimpahan jasa serta pemberkahan.
Acara ditutup Namakara Patha.
[thv/vis/rtj]
Sumber : FB@Medkomsti

© 2020 Sańgha Theravāda Indonesia. All Rights Reserved.