Sotthi Hotu, Selamat siang, Selasa, 12 Desember 2017  

Keluarga Buddhis Theravāda Indonesia (KBTI)

Hingga saat ini, keempat komponen KBTI (termasuk Saṅgha Theravāda Indonesia)
rutin menyelenggarakan pertemuan konsultatif setiap tiga bulan sekali.
Dalam pertemuan ini dibahas berbagai langkah pengabdian agar senantiasa seiring dan terpadu.


⁓ PROFIL MAGABUDHI

Majelis Agama Buddha Theravāda Indonesia

Dulunya bernama Majelis Pandita Buddha Dhamma Indonesia (Mapanbudhi), adalah sebuah organisasi umat Buddha mazhab Theravāda di Indonesia. Didirikan oleh Romo Maha Pandita Khemanyana Karbono dan Romo Maha Pandita Sumedha Widyadharma, pada tanggal 3 Oktober 1976 di Bandung sebagai Mapanbudhi, pada Persamuhan Agung V tahun 1995 berganti nama menjadi Magabudhi. Magabudhi beranggotakan para upasaka-upasika yakni Upacarika (Calon Pandita) dan Pandita, yang telah menyatakan tekadnya untuk aktif berpartisipasi dalam segala kegiatan yang menyangkut pembinaan dan pembabaran Agama Buddha Mazhab Theravāda, sesuai dengan Kitab Suci Agama Buddha Tipiṭaka Pali. Dalam memberikan pelayanan dan pengabdian kepada umat Buddha, Magabudhi mempunyai motto “Tulus Mengabdi Tiada Henti”.


Dalam usianya yang ke-40 Magabudhi telah memiliki lebih dari 3684 orang anggota aktif, diantaranya yang berstatus Maha Pandita 4 orang, Pandita sebanyak 75 orang, Pandita Madya sebanyak 153 orang dan Pandita Muda sebanyak 696 orang, selebihnya adalah para Upacarika sebanyak 2756 orang. Sampai akhir Mei 2016 telah terbentuk Pengurus Daerah Magabudhi di 25 Provinsi dan telah terbentuk Pengurus Cabang Magabudhi di 129 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia.


 

⁓ PROFIL WANDANI

Wanita Theravāda Indonesia

Berdiri tanggal 19 Desember 1995 di Vihāra Mendut, Magelang. Wanita Theravāda Indonesia didirikan untuk menampung aspirasi seluruh perempuan Buddhis di Indonesia, mewakili perempuan Buddhis dalam forum nasional dan internasional, memperjuangkan hak-hak perempuan demi terhapusnya kekerasan terhadap perempuan dan tercapainya kemitrasejajaran pria dan wanita; serta meningkatkan kebahagiaan lahir batin perempuan Buddhis Indonesia.

Wandani mengajak seluruh Wanita Buddhis di Indonesia untuk bergabung, menambah kebajikan bersama, agar segera terbebas dari semua duka derita dan mencapai kebahagiaan sejati, "Terus berjuang demi kebaikan".


Saat ini Wandani sudah memiliki 20 PD (Pengurus Daerah), 101 PC (Pengurus Cabang), 48 PAC (Pengurus Anak Cabang).
Usaha Perjuangan mereka yg telah bersatu, adalah sebab kebahagiaan!


 

⁓ PROFIL PATRIA

Pemuda Theravāda Indonesia

Dibentuk pada 19 Desember 1995 melalui sidang musyawarah pemuda Theravāda bertempat di Vihāra Mendut, memiliki hubungan moral religius dengan Saṅgha Theravāda Indonesia, bermitra dengan Majelis Agama Buddha Theravāda Indonesia (Magabudhi) dan Wanita Theravāda Indonesia (Wandani). Organisasi Patria menyerap aspirasi dan merupakan wadah pemersatu seluruh pemuda-pemudi buddhis Theravāda di Indonesia, serta senantiasa menjalin kerukunan antar pemuda lintas Sekte, lintas Organisasi dan lintas Agama di Indonesia. Patria dengan bermodalkan kobaran semangat muda dan keyakinan yang berazaskan pada kesucian ajaran Buddha Dhamma mengusung cita-cita organisasi untuk menjadikan anggotanya pemuda-pemudi Buddhis yang bermoral, sejahtera, dan mandiri.


Untuk mendukung pembinaan pemuda-pemudi Buddhis yang tersebar di wilayah Indonesia maka dibentuk dewan pengurus pada berbagai tingkatan, yang saat ini berjumlah 22 Dewan Pengurus Daerah (tingkat Provinsi) & 81 Dewan Pengurus Cabang
(tingkat Kota/Kabupaten). Beberapa bidang yang menjadi acuan pengabdian Patria diantaranya mencakup bidang sosial, pendidikan, seni, budaya, olahraga, kemandirian.


Baca Pula