• (021) 531 6060
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Everydays 09.00 - 17.00

Silahturahmi Ramadhan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Surabaya

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Ytm. Bhikkhu Viriyadharo Mahāthera hadir dalam Silaturahmi Ramadan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Bersama Persatuan Umat Buddha Indonesia di Hotel Novotel Surabaya (25/4).

Bapak Arief Harsono selaku ketua PERMABUDHI Pusat menyampaikan bahwa Pancasila adalah jantungnya Bangsa Indonesia dalam melindungi segenap Bangsa Indonesia. Di sisi lain ia mengusulkan agar Pancasila bisa diajarkan mulai dari Pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Sementara itu, Ketua BPIP dalam uraian diskusi menyampaikan bahwa penerapan dan pengembangan Pancasila dalam 30 persen secara teori pemahaman dan 70 persen adalah penerapan dalam menumbuhkan karakter dan nilai nilai Pancasila yang sudah ada dari nenek moyang kita misalnya gotong royong, sopan santun, etika, unggah-ungguh, dan selalu menolong orang lain bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Romo Benny menyampaikan hendaknya budaya jujur harus dikembangkan sejak dini agar Budaya kurang transparan yang menghancurkan negara bisa diatasi. Selain itu, Tim BPIP yang lainnya menyampaikan anjuran hendaknya kita membuat konten-konten yang positif dan memberi motivasi-motivasi yang dapat membumikan nilai-nilai Pancasila agar dapat mencegah gerakan-gerakan radikalisme yang dapat mencabik persatuan dan kesatuan bangsa.

Bhante Viryadharo Mahāthera memperjelas komitmennya dalam isi doa bahwa Pancasila adalah nafas kehidupan yang bisa membawa berkah sesuai sabda Sang Buddha dalam Dhammapada syair 183 dan 185, bahwa kita hendaknya tidak melakukan kejahatan, selalu mengembangkan kebaikan, menyucikan batin; dengan tidak menghina, tidak menyakiti, dapat mengendalikan diri dan selalu mentaati peraturan yang berlaku.

[Romo Sunarto]
Sumber : FB@Medkomsti

© 2021 Sańgha Theravāda Indonesia. All Rights Reserved.