• (021) 531 6060
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Everydays 09.00 - 17.00

Pembinaan Generasi Muda Buddhis di Vihāra Dhammasakkacca, Terentang Hulu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Terentang Hulu adalah salah satu desa terpencil di Kalimantan Barat dengan sebagian penduduk menganut agama Buddha. Generasi muda, anak-anak Sekolah Minggu Buddha (SMB) di Vihāra Dhammasakkacca saat ini mencapai angka 60 ke atas.

Mereka mendapatkan bimbingan oleh 3 orang pembina tetap yaitu Ibu Wiharti, Lili Purnama Sari, dan Lesna Priawan. Lesna Priawan adalah salah satu guru agama Buddha honorer yang didatangkan dan difasilitasi oleh Yayasan Be Good guna memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di penjuru Kalbar.

Sejak dua tahun terakhir Terentang Hulu juga kedatangan sāmaṇera yang baru menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa, Batu untuk membantu pembinaan. Baru-baru ini telah tiba di tempat Sāmaṇera Aggacaro, menggantikan Sāmaṇera Ratanadasso yang sebelumnya pembinaan di sana selama lebih kurang 4 bulan.

Di samping kegiatan rutin SMB di vihāra, sepulang sekolah anak-anak meluangkan waktu untuk latihan membaca paritta yang dilakukan dari rumah ke rumah secara bergantian. Selain belajar secara teori, mereka juga dikenalkan bagaimana praktik piṇḍapāta—berdana kebutuhan pokok seorang samaṇa. [pbh]
Sumber : FB@Medkomsti

© 2021 Sańgha Theravāda Indonesia. All Rights Reserved.