• (021) 531 6060
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Everydays 09.00 - 17.00

Perayaan Asadha dan Ulang Tahun Vihāra Asoka Arama ke-23, Denpasar – Bali

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Rabu (13/7), telah berlangsung perayaan Asadha dan Ulang Tahun Vihāra Asoka Arama ke-23 diawali dengan dana makan siang kepada Bhikkhu Saṅgha. Pada kesempatan ini Kepala Vihāra Asoka Arama, Y.M. Sucirano Mahāthera menyampaikan bahwa hal yang paling baik dilakukan saat merayakan ulang tahun adalah dengan berbuat baik seperti berdana untuk melatih diri mengikis kekikiran dan keserakahan.
Perayaan Asadha diawali dengan Padakkhiṇā pk. 17.30 WITA dan dilanjutkan dengan Puja Bakti Asadha yang dipimpin oleh Pmd. Eka Jaya dihadiri oleh sejumlah umat dan anak-anak Sekolah Minggu Vihāra Asoka Arama.

Hari Asadha merupakan salah satu hari besar Agama Buddha karena untuk Pertama Kalinya Sang Buddha membabarkan Dhamma yang dikenal dengan Dhammacakkappavattanasutta kepada lima orang pertapa di Taman Rusa Isipatana. Mereka yang kemudian disebut sebagai Pañcavaggiya Bhikkhu.

Dalam kotbah pertama-Nya Sang Buddha mengajarkan tentang Empat Kesunyataan Mulia yang menjadi landasan pokok ajaran dalam Agama Buddha.

Peristiwa ini menjadi awal terbentuknya Saṅgha dan dengan demikian maka Tiratana menjadi lengkap yaitu Buddha, Dhamma, dan Saṅgha

Selamat hari Asadha 2566 / 2022. Selamat memasuki masa Vassa kepada Bhikkhu Saṅgha, semoga senantiasa sehat, berbahagia dan selalu semangat menjalankan Dhamma dan Vinaya.
Sumber : FB@Medkomsti