• (021) 531 6060
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Everydays 09.00 - 17.00

Pabbajjā-Upasampadā -Pariyatti Dhamma

Image
Saṅgha Theravāda Indonesia merupakan kelanjutan saṅgha yang dibentuk oleh Buddha lebih dari 2563 tahun yang lalu. Perkembangan agama Buddha di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Umat Buddha pun bertambah banyak dan permasalahan pun ikut mewarnai perkembangan agama Buddha di Indonesia, di antaranya yaitu; perkembangan bhikkhu dan umat yang tidak sebanding.

Cara yang digunakan oleh Saṅgha Theravāda Indonesia untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan mengenalkan kehidupan luhur melalui program pabbajjā sāmaṇera sementara yang dilaksanakan rutin beberapa kali setiap tahunnya. Sebagai kelanjutan dari program pabbajjā sāmaṇera, untuk memfasilitasi mereka yang telah berusia 20 tahun dan hendak melatih diri menjadi bhikkhu dalam waktu tertentu, maka Saṅgha Theravāda Indonesia menyelenggarakan Pabbajjā-Upasampadā mulai tahun 2017.

    Pabbajja-Upasampada III / 2019, Sangha Theravada Indonesia

    Pada Bulan Mei 2019, Bidang Pendidikan Sangha Theravada Indonesia telah mengadakan program Pabbajja-Upasampada III yang diikuti oleh 28 peserta, berasal dari Propinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Sumatra Utara.

    Kegiatan ini diadakan sejak tanggal 11 - 26 Mei 2019 bertempat di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya dan Gedung Pariyattidhamma, Vihara Vipassana Giriratana, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

    Upacara Upasampada dilakukan di Uposathaghara Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya, dengan Upajjhaya Y.M. Sukhemo Mahathera, Y.M. Sri Pannyavaro Mahathera, dan Y.M. Maha Dhammadhiro Mahathera.

    Upacara Pamit Meninggalkan Latihan dilakukan di Vihara Vipassana Giriratana, Gunung Sindur, Bogor, dengan Ketua Bidang Pendidikan, Y.M. Guttadhammo Thera sebagai pemimpin upacara.

    Anumodana dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

    © 2020 Sańgha Theravāda Indonesia. All Rights Reserved.