Upacara Penahbisan Pabbajjā Sāmaṇera Remaja-Pelajar Vihāra Mandalawangi Ārāma, Serang, Provinsi Banten

Upacara Penahbisan Pabbajjā Sāmaṇera Remaja-Pelajar L (50) di Vihāra Mandalawangi Ārāma, Serang, Provinsi Banten.

Minggu, 23 Juni 2024 telah berlangsung Upacara Penahbisan Pabbajjā Sāmaṇera Remaja-Pelajar, Y.M. Bhikkhu Sri Subhapañño Mahāthera bertindak sebagai Upajjhāya, di dampingi oleh Y.M. Bhikkhu Dhammakaro Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Cittanando Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Cittagutto Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Subhakaro Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Abhayanando Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Hemadhammo Thera, Y.M. Bhikkhu Atthadhīro Thera, Y.M Vīrasīlo Thera dan Y.M. Bhikkhu Guṇaseno bertindak sebagai Ācariya.

Upacara Penahbisan Pabbajjā Sāmaṇera diawali calon peserta Sāmaṇera melakukan Padakhiṇā (Pradaksina), kemudian calon peserta Sāmaṇera nomor urut 1 memimpin Namakārapāṭha, setelah itu disusul dengan Upajjhāya dan Ācariya memasuki tempat penahbisan.

Upajjhāya dan Ācariya yang sudah ada di tempat penahbisan, kemudian calon Sāmaṇera menguncarkan paritta penahbisan dan setelah itu calon Sāmaṇera mengganti jubah putih mengganti jubah Sāmaṇera lalu menghadap kembali kepada Upajjhāya dan Ācariya untuk memohon Dasa Sīla.

Ketua Panitia Y.M. Bhikkhu Atthaseno melaporkan jumlah Sāmaṇera yang ditahbiskan sebanyak 40 peserta diantaranya, 17 berasal dari Tangerang, 10 dari Lampung, 6 dari Jakarta, 4 dari Serang dan 3 dari Medan.

Dilanjutkan oleh sambutan dari Padesanāyaka Provinsi Banten oleh Y.M. Bhikkhu Cittanando Mahāthera, Pembimas Buddha Kanwil Banten dalam hal ini yang diwakili olek Bpk. Sakiyo, S.Ag, M.M.Pd. selaku Penyelenggara Bimas Buddha Kabupaten Tangerang, dilanjutkan sambutan dari perwakilan Yayasan Mandalawangi Ārāma dan acara ditutup dengan Namakārapāṭha yang dipimpin oleh Upajjhāya.

Berita Lainnya