Peresmian Candi Bodhipakkhiya Dhamma, Semarang

Berlokasi di Dusun Semanding, Desa Candigaron, Kec. Sumowono, Kab. Semarang telah dilaksanakan peresmian Candi Bodhipakkhiya Dhamma, Jumat (21/10). Candi tersebut diresmikan langsung oleh Saṅghapamokkha dan Saṅghanāyaka Saṅgha Theravāda Indonesia, serta Pemerintah Desa Candigaron.

Y.M. Bhikkhu Subhapañño Mahāthera mendukung serta mengapresiasi berdirinya candi ini dan berharap agar candi ini tidak saja dilihat dari segi keindahannya tetapi juga fungsinya sebagai tempat beribadah para umat Buddha. Tempat untuk merawat keyakinan pada Tiratana.

Momen ini sekaligus dirangkai dengan syukuran atas pencapaian 10 masa vassa Y.M. Bhikkhu Khemadhīro Thera, yang mana merupakan bhikkhu asli putra daerah Desa Candigaron yang sukses membimbing umat di wilayahnya sendiri. Ucapan selamat juga disampaikan dari perwakilan Keluarga Buddhis Theravāda Indonesia (KBTI) Jawa Tengah.

Setelah seluruh rangkaian acara peresmian Candi Bodhipakkhiya berakhir, acara kemudian dilanjutkan dengan Saṅghadana masa Kaṭhina. Pada kesempatan ini, Y.M. Bhikkhu Sri Paññavaro Mahāthera memberikan pesan Dhamma. Memberi pesan agar para umat Buddha tetap menjaga keimanan diri mereka sendiri dan menjadikan perilaku dana sebagai kebiasaan.

Meskipun selama acara cuaca hujan lebat, tetapi tidak menyurutkan semangat para umat untuk memberikan persembahan dāna kepada Saṅgha. [didik]

Berita Lainnya