Pabbajjā Sāmaṇera & Pelatihan Aṭṭhasīlanī Ke-2 di Vihāra Buddharatana Medan

Program Pabbajjā Sāmaṇera & Pelatihan Aṭṭhasīlanī Ke-2 (Umum) yang diselenggarakan oleh Vihāra Buddharatana, Medan. Pelatihan dilaksanakan di Pusdiklat Buddhis Taman Jetavana, Pancur Batu, Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 22 Desember 2022 hingga 02 Januari 2023.

Jumat (23/12), sehari sebelum upacara penahbisan, kegiatan cukur rambut yang diikuti oleh peserta Pabbajjā Sāmaṇera, pelatihan Aṭṭhasīlanī dan Upāsikā Aṭṭhasīla, di Pusdiklat Buddhis Jetavana Ārāma, Medan, Sumatra Utara.

Sabtu (24/12), berlangsung rangkaian upacara penahbisan sāmaṇera pukul 09.00 WIB, dan dilanjutkan penahbisan Aṭṭhasīlanī dan Upāsikā Aṭṭhasīla pukul 13.30 WIB.

Bertindak sebagai Upajjhāya Y.M. Bhikkhu Mahā Dhammadhīro Mahāthera. Ācariya terdiri dari Y.M. Bhikkhu Cittagutto Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Abhayanando Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Hirivaro Thera, Y.M. Bhikkhu Indaguno Thera, Y.M. Bhikkhu Santacitto, dan Y.M. Bhikkhu Cīrajayo.

Pada hari yang sama dilangsungkan kegiatan upacara Penahbisan Aṭṭhasīlanī dan Upāsikā Aṭṭhasīla pada pukul 13.00 WIB. Y.M. Bhikkhu Abhayanando Mahāthera bertindak sebagai Sīlācariya dan didampingi oleh Y.M. Bhikkhu Vīrasīlo Thera.

Peserta yang mengikuti kegiatan Pabbajjā Sāmaṇera berjumlah 30. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Aṭṭhasīlanī dan Upāsikā berjumlah 34 orang, di antaranya: 1 Aṭṭhasīlanī dan 33 Upāsikā Aṭṭhasīla.

Berita Lainnya