Pabbajjā Sāmaṇera Cittabhāvanā di Vihāra Dharma Giri Pupuan

Vihāra Dharma Giri, Pupuan mengadakan program Pabbajjā Sāmaṇera sementara yang dilaksanakan mulai 25 Desember 2022 dan akan berlangsung sampai dengan 3 Januari 2023 mendatang. Pelatihan ini difokuskan pada meditasi (cittabhāvanā) dan sedikit pembekalan materi.

Y.M. Sri Subalaratano Mahāthera menjadi Upajjhāya dan didampingi oleh 7 bhikkhu yang bertindak sebagai Ācariya, salah satunya ialah Y.M. Bhikkhu Jotidhammo Mahāthera. Ketua Panitia pelakasana Bhikkhu Jayasīlo didukung oleh KBTI Provinsi Bali dan pengurus vihāra/mahācetya se-Bali.

Peserta sāmaṇera yang mengikuti program kali ini berjumlah 23 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar peserta berasal dari Bali, termasuk yang paling senior berusia 71 tahun.

Umat Buddha di Bali sangat antusias mendukung dan menyambut kegiatan ini mengingat sudah lama tidak dapat mengadakan Pabbajjā Sāmaṇera akibat situasi pandemi. Ini merupakan wadah yang sangat baik bagi para umat untuk praktik kebaikan sekaligus menambah keyakinan pada Tiratana.

Semoga dengan adanya program Pabbajjā Sāmaṇera ini dapat mengkondisikan para peserta berlatih mempraktikkan Dhamma lebih mendalam dengan menjalani kehidupan sebagai seorang sāmana. [Aldi]

Berita Lainnya