Pembukaan PPM STAB Kertarajasa di Kabupaten Lombok Utara

Pembukaan Program Pengabdian Masyarakat (PPM-Tematik) Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa di Lombok Utara

Dalam upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian), mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa, Batu melaksanakan program pengabdian masyarakat (PPM).

Untuk pertama kalinya para mahasiswa yang terdiri dari sāmaṇera, aṭṭhasīlanī, dan reguler melakukan PPM di Nusa Tenggara Barat tepatnya Kab. Lombok Utara. Para mahasiswa terbagi di dua tempat berbeda yakni di Vihāra Giri Metta Bhavana Ārāma, Dsn. Buani dan Vihāra Buddhavamsa, Dsn. Lenek.

Pembukaan PPM, Selasa (3/1) dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Santacitto, Ph.D selaku Ketua STAB Kertarajasa yang membuka kegiatan dengan penabuhan gong. Dihadiri pula Y.M. Bhikkhu Saccadhammo Thera selalu Kepala Vihāra Buddhavamsa dan Y.M. Bhikkhu Upasilo Thera selaku Kepala Vihāra Giri Metta Bhavana Ārāma.

Turut hadir juga beberapa tamu undangan dari pemerintahan di antaranya anggota DPRD Lombok Utara Bpk. Salitep, perwakilan dari Camat Gangga, Kepala Desa Bentek Bpk. Warna Wijaya serta jajaran dosen STAB Kertarajasa.

Program ini disambut baik oleh semua pihak. Pembukaan dimeriahkan dengan tarian tradisional sasak Sireh, yang dibawakan oleh muda-mudi vihāra.

PPM ini berbasis Tematik dengan mengusung tema “Meningkatkan Literasi Digital Generasi Buddhis”. Selama kurang lebih satu bulan, mahasiswa PPM akan melaksanakan berbagai program pelayanan masyarakat dan dikhususkan pada pembelajaran untuk generasi muda (anak-anak sekolah). [krn]

Berita Lainnya