Bhante Sri Subhapañño Hadiri Peresmian Dhammasala Vihāra Sasana Dharma

Saṅghanāyaka Saṅgha Theravāda Indonesia Y.M. Sri Subhapañño Mahāthera menghadiri upacara Abhisekha Buddharupam̐ dan peresmian Dhammasala Vihāra Vihāra Sasana Dharma, Kec. Melaya, Kab. Jembrana, Kamis (23/2).

Momen bahagia ini menjadi kian bersejarah bagi umat Buddha di Dsn. Pangkung Tanah Kangin, Ds. Melaya karena dihadiri oleh anggota Saṅgha dalam jumlah besar, 9 bhikkhu dan 2 sāmaṇera. Tidak hanya para bhikkhu dan umat dari Bali, melainkan juga datang dari Jawa Timur khususnya Banyuwangi.

Bupati Jembrana Bpk. I Nengah Tamba, S.H. turut hadir didampingi oleh Wakapolres Jembrana beserta jajarannya. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungannya pada setiap pendirian tempat-tempat ibadah. Dukungan tersebut ia yakinkan dengan janji pemberian sumbangan dana untuk pendirian kuti dan gedung serba guna di vihāra.

Bhikkhu Dhammaratano selaku Padesanāyaka Bali dan Drs. Bagio selaku Ketua Panitia pelaksana sangat mengapreasi dukungan dan perhatian yang ditunjukkan oleh pemerintah Kab. Jembrana.

Apresiasi juga disampaikan Saṅghanāyaka STI, yang kemudian memberikan pesan kepada para umat yang hadir untuk memanfaatkan vihāra dengan sebaik mungkin: membangun vihāra di dalam batin.

Acara inti ditutup dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati dan Saṅghanāyaka. Di penghujung acara, umat Buddha yang hadir melakukan puja bakti, meditasi dan permohonan tuntunan Tiaarana Pañcasīla dan pembacaan paritta oleh bhikkhu Saṅgha.

Berita Lainnya