Perayaan Māghapūja 2566 BE/2023 oleh KBTI Kab. Lombok Utara

Rabu, 22 Maret 2023, pukul 08.00 WITA, telah diadakan perayaan Māghapūja 2566 BE/2023 oleh Keluarga Buddhis Therāvada Indonesia (KBTI) Kabupaten Lombok Utara, bertempat di Vihāra Bodhi Dharma, Dusun Karang Lendang, Desa Bentek, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Acara ini diadakan oleh YM Bhikkhu Saccadhammo Thera, YM. Bhikkhu Upasilo Thera, para sāmaṇera dan aṭṭhasīlanī, Maghabudhi, Wandani, Patria, serta Umat Buddha se-Kabupaten Lombok Utara.

Pūjā diawali dengan persembahan Amisapūjā di altar Sang Buddha oleh muda-mudi Bodhiguna, Vihāra Bodhi Dharma, dilanjutkan dengan pembacaan syair Dhammapada oleh Patria Kabupeten Lombok Utara. Pembacaan paritta dipimpin oleh Romo pandita. Māgha Puņņamīpūjā Kathā memimpin YM Bhikkhu Saccadhammo Therā, sehat, dan Dhammadesana.

Pada kesempatan ini, Dhammadesana disampaikan oleh YM Bhikkhu Saccadhammo Therā. Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan betapa pentingnya melatih kesabaran, tidak melakukan segala kejahatan, memperbanyak kejahatan, mensucikan pikiran, tidak menghina, tidak menyakiti, memiliki pengendalian dalam hal makan, hidup menyendiri, dan melatih batin.

Untuk menambah jasa kebajikan, para umat melakukan dana paramita, pelimpahan jasa, serta dilanjutkan dengan pemercikan air paritta oleh Bhikkhu Saṅgha. Kemudian acara ditutup dengan Namakārapātha. Setelah acara pujabakti berakhir, umat melakukan dana makan siang kepada para bhikkhu, sāmaṇera, dan aṭṭhasīlanī bertempat di aula vihāra. [ksrn]

Berita Lainnya