Pelatihan Pembacaan Pāli Vacana KBTI Jawa Tengah se-Kab. Temanggung

Upa-Padesanāyaka Jawa Tengah Bhikkhu Khemadhīro menyelenggarakan program Binades (bina desa) pelatihan pembacaan Pāli Vacana untuk KBTI Jawa Tengah se-Kab. Temanggung pada 25-26 Maret 2022.

Kegiatan dilangsungkan di Vihāra Sasana Paramita, Rejosari, sebuah desa yang terletak di lereng gunung Sindoro. Bhikkhu Jayaratano Thera, selaku Kepala Vihāra, menjadi pengampu pelatihan.

Sekitar kurang lebih 100 peserta umat Buddha perwakilan dari vihāra-vihāra di Temanggung dengan antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut.

Bhante Khemadhīro, pada acara pembukaan, menekankan pesan bahwa program pelatihan membaca Pāli Vacana dimaksudkan untuk memantapkan tata cara baca paritta yang baik dan benar.

Harapannya, umat yang hadir mengikuti pelatihan dapat tampil memimpin puja bakti pada masa SPD mendatang. Karena itu, secara tidak langsung memberi contoh dan memandu artikulasi yang tepat kepada umat Buddha yang lain.

Dengan diadakannya program pelatihan Pāli Vacana ini, harapnya lebih jauh, bisa betul-betul bermanfaat dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik dalam membaca paritta.

Rangkaian kegiatan pembelajaran juga dimuat di kanal YouTube Media KBTI Jateng. Bagi umat Buddha yang ingin belajar dapat menyaksikan melalui video rekaman yang telah diunggah. [b.kdi]

Berita Lainnya