Pujā Maṅgala Pengecoran Rupang Buddha

Pujā Maṅgala Pengecoran Rupang Buddha

Minggu, 16 April 2023, YM Sri Paññavaro Mahāthera, Saṅghapāmokkha Saṅgha Theravāda Indonesia pada upacara Pengecoran Rupang Buddha yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Buddhis Sikkhādhama Santibhūmi, Kota Tangerang Selatan di Vihāra Vipassanā Giriratana, Bogor.

Upacara diawali dengan adiṭṭhāna oleh umat berbondong-bondong mendanakan perhiasan dan logam mulia berupa emas dan perak untuk dilebur bersama menjadi rupang Buddha dan diiringi oleh dhammagita oleh pemuda dan remaja Pusdiklat Buddhis Sikkhadama Santibhumi.

Upacara dilanjutkan pembacaan paritta oleh Bhikkhu Saṅgha dan pengecoran rupang Buddha dengan posisi Vara Mudra, yaitu postur memberikan berkah kepada semua mahkluk.

Acara dilanjutkan dengan Dhammadesana yang disampaikan oleh YM Sri Paññavaro Mahāthera. Bhante menyampaikan bahwa pengecoran rupang Buddha ini merupakan upaya untuk memperkokoh iman atau keyakinan terhadap Buddha Dhamma.

Upacara diakhiri dengan pemberkahan dan pemercikan tirta oleh Bhikkhu Saṅgha.

Para Bhante yang ikut hadir dalam acara tersebut, di antaranya YM Dhammasubho Mahāthera, YM Jotidhammo Mahāthera, YM Jāgaro Mahāthera, YM Mahā Jutaliko Mahāthera, YM Dhammakaro Mahāthera, YM Cittanando Mahāthera, YM Cittagutto Mahāthera, dan YM Guttadhammo Mahāthera; Ketua Umum Astinda Aṭṭhasilāni Guṇanandini, Ketua Umum PP Magabudhi Pdt. Dharmanadi Chandra, perwakilan Wandani, dan Ketua Umum DPP Patria Sdr. Ir. Michael Kirana, S.st

Upacara ini mencetak rekor MURI sebagai upacara pengecoran rupang Buddha pertama di Indonesia.

Semoga dengan diadakannya upacara ini dapat mengembangkan dan memperkokoh keyakinan kita sebagai umat Buddha khususnya di Kota Tangerang Selatan. Semoga semua berbahagia. [ptr]

Berita Lainnya