Pembersihan Rupang Buddha Menyambut Mahājāta dan Perayaan Trisuci Waisak

Pembersihan Rupang Buddha Menyambut Mahājāta dan Perayaan Trisuci Waisak

Senin (1/5), sebulan menjelang perayaan Trisuci Waisak 2567/2023, pemakaman Karakasabhā dan umat Vihāra Buddha Sakyamuni, melakukan pembersihan Rupang Buddha di Denpasar, dhammasala, areal vihāra, dan menyiapkan sarana puja di altar.

Sebelumnya, umat memulai kegiatan dengan sehat bersama pada pukul 05.00 WITA selama satu jam dan dilanjutkan dengan permohonan Aṭṭhaṅgasīla. Pembersihan Rupang Buddha dilaksanakan pada pukul 08.00 WITA usai melakukan dana makan kepada bhikkhu Saṅgha.

Pembersihan Arca didahului oleh para Bhante yang hadir, YM Bhikkhu Sucirano Mahāthera selaku Kepala Vihāra, Bhikkhu Dhammaratano (Upa-Padesanāyaka Bali), Bhikkhu Pabhajayo, dan Bhikkhu Vivekadasso. Kemudian dilanjutkan Karakasabhā bersama umat yang hadir sekitar 40 orang pada pagi itu.

Pembersihan Rupang Buddha ini sebagai titik awal rangkaian kegiatan vihāra selama satu bulan kedepan menyongsong Trisuci Waisak, di antaranya Mahājāta (HUT ke-31 Vihāra Buddha Sakyamuni), Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD), dan perayaan Trisuci Waisak 2567 BE yang akan dilaksanakan pada 04 Juni 2023. [Oscar/📸 Ditthi Gotama]

Berita Lainnya