Piṇḍapāta Mengawali Sebulan Pendalaman Dhamma di Vihāra Dhamma Sarana

Binades: Umat Buddha di Vihāra Dhamma Sarana, Dusun Krecek, Desa Getas, Kecamatan Kaloran, Temanggung mengawali kegiatan Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD) dengan laku baik berdana kepada Bhante yang berpiṇḍapāta, Rabu, 3 Mei 2023.

Bhikkhu Dhammakaro Mahāthera dan Bhikkhu Khemadhīro Thera melakukan piṇḍapāta dari vihāra berjalan mengelilingi pemukiman desa. Pada kesempatan itu, anak-anak PAUD/TK Saddhapalajaya juga ikut serta berdana piṇḍapāta kepada para Bhante.

Bhante Khemadhīro lanjut memberikan pesan Dhamma, penjelasan tentang sejarah dan makna tradisi piṇḍapāta yang dilakukan para bhikkhu dari waktu ke waktu kepada anak-anak PAUD/TK Saddhapalajaya.

Usai bersantap, para Bhante melanjutkan perjalalan menuju Vihāra Vidyasasana, Dusun Candi, Sumowono. Di sana dilaksanakan kegiatan pembukaan SPD yang sekaligus dirangkai dengan Abhiseka Buddharūpa, yang ditempatkan pada lantai atas dan ruang terbuka.

Dalam pesan singkatnya, guna menyambut dan memaknai Trisuci Waisak, Bhante Dhammakaro berhara agar umat Buddha semakin bersemangat dalam praktik Dhamma. Semangat itu harus tercermin tidak terkecuali bagi umat Buddha yang berada di daerah-daerah. [bkdi]

Berita Lainnya