Wujud Toleransi Beragama, Vihāra Tanah Putih Halal Bihalal Bersama FKUB Jawa Tengah

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah mengadakan acara silaturahmi dan Halal Bibalal di Vihāra Tanah Putih, Semarang, Kamis, 4 Mei 2023.

Hadir dalam acara tersebut Padesanāyaka Jawa Tengah Bhikkhu Sujano Mahāthera, Bhikkhu Chandadhammo, beserta sejumlah tokoh lintas agama dan kepercayaan.

Kepala Vihāra Tanah Putih Semarang Bhikkhu Cattamano Mahāthera mengatakan kegiatan ini bak pemberi warna pada negeri Indonesia yang memiliki keberagaman suku dan agama.

“Dulu kita mempunyai potret yang indah tentang Indonesia. Nah, kita kembali untuk, boleh dibilang, mencetak foto yang indah itu kembali tentang Indonesia melalui silaturahmi bersama dengan Hari Raya Idul Fitri saudara-saudara yang beragama Islam,” ungkap Bhante dalam sambutannya.

Sebagai tuan rumah berlangsungnya acara, beliau merasa haru sekaligus berterima kasih karena kebersamaan dalam keberagaman tersebut masih terasa. “Saya sebagai umat Buddha ikut mendukung kegiatan-kegiatan FKUB, yang juga kebetulan Halal Bihalal Idul Fitri ini bertempat di Vihāra Tanah Putih. Jadi kami mendukung kegiatan bersama seperti ini.”

Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah Taslim Syahlan menilai Halal Bihalal tersebut adalah komitmen kebangsaan yang baik. “Hari ini bisa kita saksikan Vihāra Tanah Putih mengundang kawan lintas agama. Pertanda kita terus mengembangkan bentuk moderasi beragama,” tandasnya.

Kabid Ketahanan Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jateng Pradhana Agung Nugraha turut hadir dalam acara tersebut. Beliau juga sangat mengapresiasi kegiatan lintas agama semacam ini dan menyampaikan bahwa kerukunan dan toleransi merupakan kunci penting dalam membangun bangsa.

Kegiatan silahturahmi berlangsung dengan santai dan penuh suasana kebersamaan.

Berita Lainnya