Upasampadā Bhikkhu di Padepokan Dhammadīpa Ārāma, Batu

Jumat, 5 Mei 2023, telah paripurna terlaksana upacara Upasampadā bhikkhu di Uposathāgāra Padepokan Dhammadīpa Ārāma, Batu. Upasampadā dilaksanakan dengan Upajjhāya Ytm. Bhikkhu Mahā Dhammadhīro Mahāthera, menahbiskan tiga bhikkhu, sebagai berikut:

– Bhikkhu Parattho, usia 23 tahun, berasal dari Banyuwangi
– Bhikkhu Khantibalo, usia 63 tahun, berasal dari Surabaya
– Bhikkhu Khantivaro, usia 29 tahun, berasal dari Samarinda

Bertindak sebagai Kammavācācariya yaitu Ytm. Bhikkhu Candakaro Mahāthera; Anusāvanācariya yaitu Ytm. Bhikkhu Cittanando Mahāthera. Upasampadā Bhikkhu pada hari ini juga dihadiri langsung oleh Saṅghanāyaka Saṅgha Theravāda Indonesia, Bhante Sri Subhapañño Mahathera, serta sejumlah bhikkhu anggota Saṅgha Theravāda Indonesia.

Upacara mulai dilaksanakan pukul 08.00 WIB – selesai. Diawali dengan pradaksina mengitari uposathāgāra sebelum prosesi upasampadā dimulai. Setelah menerima jubah dan keperluan lainnya dari wali dan sponsor upacara kemudian dilanjutkan dengan permohonan Dasasīla dan Upasampada Bhikkhu.

Dengan ditahbiskannya 3 bhikkhu pada tanggal 5 Mei 2023, maka jumlah bhikkhu anggota Saṅgha Theravāda Indonesia saat ini adalah 105 bhikkhu. Diucapkan terima kasih kepada Yayasan Dhammadīpa Ārāma, Kepala Padepokan Dhammadīpa Ārāma, segenap panitia, para donatur, dan simpatisan yang turut menyukseskan upacara Upasampadā ini. Semoga Buddhadhamma lestari di Nusantara. [JeSuu]

Berita Lainnya