Pattidāna, Upacara Pelimpahan Jasa Kepada Leluhur

Pattidāna, Upacara Pelimpahan Jasa Kepada Leluhur di Vihāra Buddha Sakyamuni, Denpasar, Bali

Dalam rangka menyambut Trisuci Waisak 2567 BE/2023, Vihāra Buddha Sakyamuni, Denpasar telah menyelenggarakan ragam program di vihāra. Pada Minggu, 28 Mei kemarin, vihāra kembali mengadakan upacara Pattidāna, persembahan jasa kebaikan kepada leluhur.

Dihadiri oleh para Bhante antara lain Bhikkhu Jayadhammo Thera, Bhikkhu Dhammaratano —yang pada kesempatan itu memberikan pesan Dhamma, Bhikkhu Pabhajayo, dan Bhikkhu Oḷāraguṇo.

Dalam pesannya, Bhante Dhammaratano menekankan bahwa seorang anak hendaknya berbakti kepada ayah dan ibunya ketika mereka masih hidup. Namun, kewajiban itu masih ada meskipun keduanya sudah meninggal dunia.

Bhante juga mengutip khotbah Sang Buddha di dalam sebuah sutta, tentang empat aspek Dhamma yang seyogianya harus diarahkan untuk dimiliki oleh orang tua. Keempatnya adalah saddhā (keyakinan), sīla (kemoralan), cāga (kedermawanan), dan paññā (kebijaksanaan).

Ketika orang tua sudah meninggal dunia, satu kewajiban yang dapat dilakukan sanak keluarga yang masih hidup adalah melimpahkan jasa kebaikan atau pattidāna. Pattidāna bukan sebuah upacara semata, melainkan praktik dan dedikasi Dhamma yang dianjurkan oleh Sang Buddha.

Berita Lainnya