Peresmian Gedung Baru Vihāra Mahāsampatti

Peresmian Gedung Baru Vihāra Mahāsampatti

Vihāra Mahāsampatti sebagai Vihāra mazhab Theravāda pertama di Sumatera Utara, Minggu, 25 Juni 2023, mengukir babak baru dengan diresmikannya penggunaan Gedung Baru Vihāra setelah melewati proses pembangunan selama kurang lebih 6 tahun, pembangunan pun rampung dilaksanakan.

Turut hadir dalam momen berbahagia ini, Dirjen Bimas Buddha Kementerian RI, Drs. Supriyadi Adinata, M.Pd.; Menteri Agama RI 2014 – 2019, Dr. (H.C.) K.H. Lukman Hakim Saifuddin; Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Prov. Sumatera Utara, Dr. Budi Sulistiyo, S.Ag., M.Pd.B., M.H., para pimpinan organisasi Buddhis yang tergabung dalam Keluarga Buddhis Theravāda Indonesia (KBTI), para donatur, serta simpatisan.

Peresmian Gedung Baru Vihāra Mahāsampatti ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Ketua Umum Saṅgha Theravāda Indonesia, Bhikkhu Sri Subhapañño, Mahāthera dan Dirjen Bimas Buddha Kementerian RI, Drs. Supriyadi Adinata, M.Pd., serta penandatanganan prasasti pemberkahan oleh Saṅghapamokkha Saṅgha Theravāda Indonesia, Bhikkhu Sri Paññāvaro, Mahāthera.

Dalam salah satu sambutan, Dr. (H.C.) K.H. Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan pesan agar semua umat senantiasa mengamalkan pesan utama agama yakni “memberi”. Gedung Vihāra Mahāsampatti bisa hadir dikarenakan semua umat lebih mengedepankan memberi daripada meminta. “Karena setiap dari kita hanya bisa meminta, tidak ada satupun yang akan mendapatkan, tapi apabila setiap dari kita memberi, kita semua akan mendapatkan.” Ungkap beliau.

Acara ditutup dengan kunjungan para tamu kehormatan ke Dhammasālā Utama Vihāra. Setelah itu, dilanjutkan dengan ramah-tamah antar pengurus dan dāna makan siang kepada bhikkhusaṅgha.

Berita Lainnya