Banyuwangi Tipiṭaka Chanting di Candi Manggala, Kab. Banyuwangi

Saṅghanāyaka Saṅgha Theravāda Indonesia Y.M. Sri Subhapañño Mahāthera memberikan sambutan pada acara Banyuwangi Tipiṭaka Chanting di Candi Manggala, Kab. Banyuwangi

Sabtu (19/08) telah dilangsungkan kegiatan Banyuwangi Tipiṭaka Chanting yang dihadiri oleh YM. Dhammavijayo Mahāthera, YM. Tejapuñño Mahāthera dan Sāmaṇera Karunavaso.

Kegiatan ini diawali dengan permohonan Aṭṭhasīla oleh para peserta pukul 05:0 WIB dilanjutkan dengan Prosesi Kirab Budaya yang membawa Relik Buddha dari Balai Kebajikan (Paññavisarada) menuju Candi Manggala.

Acara ini diikuti oleh anggota Sangha Theravada Indonesia, Magabudhi, Wandani, Patria, Tokoh Lintas Agama dan Para Umat Buddha.

Pada kesempatan ini Saṅghanāyaka Saṅgha Theravāda Indonesia Y.M. Sri Subhapañño Mahāthera memberikan kata sambutan melalui tayangan video, dilanjutkan sambutan dari Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha bapak Nyoman Suriadharma, S.pd,. M.Pd., M.Pd.B serta sambutan dari Wakil Bupati Banyuwangi, Petahana. H. Sugirah, S.Pd., M.Si., K. H. S.E., M.M yang sekaligus membuka kegiatan Banyuwangi Tipiṭaka Chanting yang ditandai dengan pemukulan gong.

Disaksikan oleh Kesbangpol, Forpimka, Camat, Kapolsek, Ketua FKUB, Kepala Desa Yosomulyo, KUA Gambiran, Tokoh Lintas Agama dan Umat yang Hadir.

Kegiatan Banyuwangi Tipiṭaka Chanting ini dihadiri oleh 80 Peserta dari berbagai vihāra di Banyuwangi dan sekitarnya dan sudah menjadi tahun ke-2.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dalam pembacaan pāļivacana serta arti dari sutta-sutta yang dibaca dan kesempatan bagi umat untuk ikut serta dalam pembacaan Tipitaka dari berbagai tempat.

Sehingga Ajaran Buddha tetap dapat diingat dan dilestarikan di Nusantara Khususnya di Kabupaten Banyuwangi

Berita Lainnya