Puja Bakti Pattidāna dalam rangka Peringatan Ulang Tahun ke-47 Saṅgha Theravāda Indonesia

Puja Bakti Pattidāna dalam rangka Peringatan Ulang Tahun ke-47 Saṅgha Theravāda Indonesia di Pusdiklat Buddhis Sikkhādama Santibhūmi, BSD City, Kota Tangerang Selatan pada hari Senin, 23 Oktober 2023.

Puja bakti Pattidāna dihadiri oleh Y.M. Sombat Pavitto Mahāthera, Y.M. Sri Paññavāro Mahāthera, Y.M. Jotidhammo Mahāthera, Y.M. Dhammkaro Mahāthera, Y.M. Cittagutto Mahāthera, Y.M. Mahā Dhammajāto Thera, Y.M. Atthadhīro Thera, Y.M. Vīrasīlo Thera, Bhikkhu Anggota Saṅgha Theravāda Indonesia dan Sāmaṇera.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dengan diawali Penyalaan pelita dan dupa oleh Bhante Sri Paññavāro Mahāthera dilanjutkan dengan Namakkārapāṭha oleh pemimpin puja, permohonan Pañcasīla-Ārādhanā, Bhante Sri Paññavāro Mahāthera menuntun permohonan Pañcasīla-Ārādhanā dilanjutkan dengan permohonan Dhammadesāna-Ārādhanā oleh pemimpin puja.

Dhammadesāna oleh Y.M. Jotidhammo Mahāthera. Beliau menekankan pentingnya seseorang memiliki kataññu-katavedi, yaitu orang yang tahu nilai-nilai kebaikan dan tahu membalas budi baik kepada mereka yang berjasa. Lebih lanjut Bhante Joti menyampaikan bahwa, puja bakti pattidāna ini sebagai bentuk kataññu-katavedi kepada saṅgha sebagai pendahulu yang kini sudah meninggal dunia.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kue di ruangan makan oleh Bhante Sri Paññavāro Mahāthera, Y.M. Jotidhammo Mahāthera, dan Y.M. Dhammkaro Mahāthera.

Semoga Dhamma-Saṅgha berlangsung sepanjang zaman, membawa manfaat serta kemajuan bagi perkembangan agama Buddha.

Berita Lainnya