Peringatan Māgha Pūjā di Pendopo Gandhakuti Buddhabhummika, Thekelan, Jawa Tengah

Peringatan Māgha Pūjā di Pendopo Gandhakuti Buddhabhummika, Thekelan, Jawa Tengah pada Kamis, 7 Maret 2024.

Telah dilaksanakan peringatan Māgha Pūjā 2567 TB yang dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Abhayanando, Y.M. Bhikkhu Hemadhammo, Y.M. Bhikkhu Medhaviro, Y.M. Bhikkhu Cattaseno, dan Y.M. Bhikkhu Hitako di Pendopo Gandhakuti Buddhabhummika, Thekelan.

Prosesi puja dengan membawa barang persembahan memecah suasana heningnya malam di kaki Gunung Merbabu ini, para umat dari usia muda hingga tua begitu antusias dan sukacita mengikutinya.

Dhammadesana berkenaan tentang inti dari ajaran para Buddha disampaikan oleh Y.M. Bhikkhu Hitako dengan menggunakan bahasa Jawa. “Ora tumindak apa wae kang ala, nindakake apa wae kang becik, sarta nyucikake/ngresiki penggalihe dewe-dewe, iku mau piwulange para Buddha.”

Selain itu, disampaikan juga bagaimana keyakinan kepada Buddha, Dhamma, dan Saṅgha dapat menjadi dasar seseorang melaksanakan kebajikan, serta bagaimana dan mengapa sang Buddha dijuluki sebagai ‘Sesepuh Jagat’.

Acara ini diakhiri dengan makan Tumpeng bersama yang dipikul pada saat prosesi puja. Kebersamaan serta kekeluargaan yang menghangatkan hawa dingin di kaki Gunung Merbabu dapat menjadi teladan luar biasa bagi umat Buddha di tempat lainnya.

Berita Lainnya