Piṇḍapāta dalam rangka menyambut Trisuci Waisak 2568 BE Vihāra Buddha Sakyamuni, Bali

Piṇḍapāta dalam rangka menyambut Trisuci Waisak 2568 BE yang digelar oleh Vihāra Buddha Sakyamuni, Bali (09/05).

Dalam Piṇḍapāta ini, hadir 6 Bhikkhu Saṅgha Theravāda Indonesia dan 1 Sāmaṇera yaitu Y.M. Cittagutto Mahāthera, Y.M. Sucirano Mahāthera, Y.M. Sujano Mahāthera, Y.M. Dhammaratano, YM. Bhikkhu Indamedho dan YM. Pabhājayo dan satu orang Sāmaṇera.

Piṇḍapāta ini dilaksanakan dalam rangka Perayaan Trisuci Waisak 2568 BE/2024 dan ratusan umat sudah hadir dipagi hari dan berdiri berjajar dipinggir jalan gunung agung untuk menyerahkan dana Piṇḍapāta kepada Bhikkhu Saṅgha.

Dalam Piṇḍapāta ini kali, umat Buddha berkesempatan mempersembahkan kebutuhan Bhikkhu berupa makanan, obata-obatan, dan jubah. Persembahan yang diberikan, dilandasi dengan cinta kasih sebagai wujud perbuatan baik untuk memperbaiki kehidupan.

Melalui prosesi Piṇḍapāta ini, para Bhante dapat melatih diri, sedangkan umat memiliki kesempatan untuk menanam kebajikan di ladang yang subur pada saat Bulan yang penuh berkah yaitu Bulan Waisaka. Kegiatan ini juga merupakan sebagai wujud bakti kita kepada Sangha yang yang telah membimbing kita selama ini serta membimbing kita belajar Dhamma.

Berita Lainnya