Rapat Koordinasi dan Konsultasi Organisasi Keagamaan Buddha oleh Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI

Saṅghanāyaka Y.M. Bhikkhu Sri Subhapañño Mahāthera menghadiri undangan Rapat Koordinasi dan Konsultasi Organisasi Keagamaan Buddha oleh Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Bapak Drs. Supriyadi, M.Pd. yang bertempat di Ruang Rapat Ditjen Bimas Buddha, Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat pada hari Senin, 13 Mei 2024.

Turut hadir dalam rapat ini Ketua Umum dari berbagai organisasi keagamaan Buddha, antara lain Sangha Agung Indonesia, Sangha Mahayana Indonesia, Sangha Mahayana Tanah Suci Indonesia, Sangha Mahayana Buddhis Indonesia, Sangha Dharmaduta Indonesia, Sangha Theravada Dhammayut Indonesia, dan Sangha Bhikkhuni Theravada Indonesia.

Pertemuan ini membahas perihal koordinasi dan konsultasi berkenaan dengan keberadaan berbagai permasalahan dan dinamika kehidupan umat Buddha. Saat ini masih terdapat permasalahan di antara umat Buddha yang belum mendapatkan penanganan secara efektif, sesuai dengan cara spiritual Buddhis yang dikembangkan dengan kesadaran. Pembahasan ini menghasilkan kesimpulan berupa pentingnya membangun kesadaran kolektif umat Buddha di Indonesia menuju kehidupan harmonis dan merawat serta menjaga citra baik agama Buddha dalam rangka mewujudkan kehidupan yang luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berita Lainnya