Peringatan Visākhapuṇṇamīpūjā 2568 TB/2024 Vihāra Mahāsampatti, Medan, Sumatera Utara

Peringatan Visākhapuṇṇamīpūjā 2568 TB/2024 Vihāra Mahāsampatti, Medan, Sumatera Utara.

Kamis, 23 Mei 2024, dalam rangka memperingati Trisuci Waisak 2568 TB/2024, Vihara Mahāsampatti melaksanakan serangkaian kegiatan yang dihadiri oleh Bhikkhu Indaguṇo Thera dan Bhikkhu Cirajayo. Kegiatan diawali dengan Piṇḍapāta yang dilakukan oleh bhikkhusaṅgha, yang merupakan tradisi yang telah dilakukan sejak kehidupan Sang Buddha hingga saat ini.

Kegiatan Puja bakti dilaksanakan dalam dua sesi, pagi dan malam hari. Pada sesi pagi, pukul 09.09, berlangsung penyelenggaraan Visākhapuṇṇamīpūjā 2568 TB / 2024 yang dihadiri oleh Bhikkhu Indaguṇo Thera dan Bhikkhu Cirajayo. Pesan Dhamma disampaikan oleh Bhikkhu Cirajayo dengan mengusung tema sesuai Pesan Waisak dari Saṅgha Theravāda Indonesia tahun ini, yakni Memperkokoh Persatuan dalam Keberagaman.

Pada siang hari, pukul 13.00, berlanjut dengan upacara Visuddhi Upāsaka dan Upāsika yang dihadiri oleh Bhikkhu Cirajayo. Beliau memberikan Wisuda Upāsaka/Upāsikā serta bimbingan Dhamma kepada sekitar 70 orang peserta yang hadir.

Pada sesi puja bakti malam, pukul 19.00, kegiatan dibuka dengan Namakkārapāṭha, pembacaan Visākhapuṇṇamīpūjā Kathā, Dhammadesanā yang disampaikan oleh Bhikkhu Indaguṇo Thera, meditasi menyambut detik-detik Waisak, dan diakhiri dengan prosesi Padakkhiṇā pada Paṭimāghara oleh para bhikkhu serta seluruh umat yang hadir. Setiap momen berlangsung dengan baik, lancar, sakral, dan penuh sukacita.

Terima kasih dan Anumodana atas kebajikan yang telah dilakukan oleh segenap umat Buddha yang telah hadir dalam momen suci ini.

Selamat Trisuci Waisak 2568/2024. Semoga berkah Waisak mengkondisikan kebahagiaan dan kedamaian. Semoga semua makhluk berbahagia.

Berita Lainnya