Acara Santuṭṭhi Citta serangkaian Hari Raya Trisuci Waisak 2568 BE Tahun 2024

Acara Santuṭṭhi Citta serangkaian Hari Raya Trisuci Waisak 2568 BE Tahun 2024 yang dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Dhammaratano serta Wakil Walikota Denpasar, Bpk. I Kadek Agus Arya Wibawa yang dilaksanakan di Vihāra Buddha Sakyamuni Denpasar, pada Rabu, 12 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut Y.M. Bhikkhu Dhammaratano menyampaikan, dimana dalam Hari Trisuci ini umat Buddha di seluruh Indonesia melakukan satu bulan penuh kegiatan dalam memperingati 3 peristiwa penting bagi umat Buddha yang semua terjadi di bulan purnama seperti kelahiran Pangeran Siddhartha Gautama, pencapaian penerangan sempurna (Buddha), dan Parinibbāna nya Sang Buddha (Guru para dewa dan manusia).

“Tentu kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkot Denpasar dan khususnya kepada bapak Wakil Walikota yang dalam hal jni berkesempatan membagikan paket sembako bagi umat buddha di Kota Denpasar,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Bpk. I Kadek Agus Arya Wibawa juga menyerahkan secara simbolis sebanyak 11 paket sembako kepada perwakilan Vihāra Kota Denpasar, Forum Ibu-Ibu Buddhist, dan DPC Patria Denpasar.

Di sela-sela pelaksanaan tersebut Bpk. I Kadek Agus Arya Wibawa juga mengatakan bahwa Kota Denpasar sebagai Ibu kota Provinsi memiliki penduduk yang heterogen. Sehingga, sudah sewajarnya kerukunan umat beragama terus dipupuk, termasuk bersama umat Buddha juga merupakan bagian dari warga Kota Denpasar.

“Di mana dalam pelaksanaan ini merupakan salah satu wujud kebersamaan dalam merajut kebhinekaan serta memperkuat persatuan antar umat, yakni sejalan dengan motto Kota Denpasar yaitu Vasudhaiva kutumbakam yang berarti menyama braya sehingga kedepannya diharapkan persatuan antar umat di Denpasar menjadi lebih kuat,” ungkap Bpk. I Kadek Agus Arya Wibawa.

Sementara Ketua Wadah Antar Lembaga Umat Buddha Indonesia Kota Denpasar, Pmy. Drs. Sutikno Gunawan dalam sambutannya mengatakan bahwa acara saat ini merupakan puncak dari perayaan Hari Trisuci Waisak 2568 BE Tahun 2024.

Berita Lainnya