Pabbajjā Sāmaṇera dan Latihan Aṭṭhasīlanī, Singkawang, Kalimantan Barat

Pabbajjā Sāmaṇera dan Latihan Aṭṭhasīlanī, Singkawang, Kalimantan Barat

Y.M. Bhikkhu Sri Subalaratano Mahāthera menjadi Upajjhāya upacara penahbisan sāmaṇera program Pabbajjā Sāmaṇera dan Latihan Aṭṭhasīlanī, bertempat di gedung Sekolah Asoka II, Singkawang, 23 Juni 2023.

Bertindak sebagai Ācariya antara lain Y.M. Bhikkhu Ṭhitayañño Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Adhiratano Thera, Y.M. Bhikkhu Upasamo Thera, dan Y.M. Bhikkhu Ratanavīro. Program ini akan berlangsung 10 hari, sampai dengan tanggal 2 Juli mendatang.

Total peserta yang mengikuti pelatihan semula berjumlah 44, dengan rincian 24 peserta sāmaṇera dan 20 peserta aṭṭhasīlanī. Mayoritas partisipan merupakan pelajar yang berasal dari banyak daerah di Kalimantan Barat, yang saat ini mengeyam pendidikan menengah atas di Sekolah Asoka.

Terakhir kalinya program Pabbajjā Sāmaṇera dan Latihan Aṭṭhasīlanī di Singkawang dilaksankan pada 2019 silam; dengan dirangkai kegiatan retret meditasi. Sedangkan kali ini program dikemas dengan lebih banyak pembelajaran aktif yang melibatkan para sāmaṇera dan aṭṭhasīlanī.

Liburan sekolah selalu menjadi momen yang dimanfaatkan oleh vihāra-vihāra untuk mengadakan program Pabbajjā dan latihan Aṭṭhasīla. Program ini menjembatani semangat dan kemauan generasi muda buddhis untuk lebih jauh mendalami Dhamma.

Berita Lainnya