Upacara Penahbisan Sāmaṇera Program Umum ke-VI di Vihara Dhammajaya, Surabaya, Jawa Timur

Upacara Penahbisan Sāmaṇera Program Umum ke-VI di Vihara Dhammajaya, Surabaya, Jawa Timur.

Sabtu, 29 Juni 2024 telah berlangsung upacara penahbisan Pabbajja Sāmaṇera Umum ke-VI di Vihara Dhammajaya, Surabaya. Y.M. Bhikkhu Candakaro Mahāthera bertindak sebagai Upajjhāya, didampingi oleh Y.M. Bhikkhu Sukhito Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Siriratano Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Jayamedho Thera, Y.M. Bhikkhu Medhaviro Thera, dan Y.M. Bhikkhu Santacitto sebagai Ācariya.

Upacara Penahbisan Sāmaṇera diawali dengan prosesi padakkhiṇā oleh para calon peserta. Peserta tertua kemudian memimpin Namakāra Pāṭha, setelah itu Upajjhāya dan Ācariya memasuki Dhammasala.

Y.M. Bhikkhu Pārattho selaku Ketua Panitia melaporkan jumlah sāmaṇera yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 20 peserta. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut: Lombok (10 peserta), Bali (3 peserta), Surabaya (3 peserta), Kalimantan Selatan( 1 peserta), Palangkaraya (1 peserta), Banyuwangi (1 peserta), dan Blitar (1 peserta).

Dilanjutkan dengan beberapa dari beberapa pihak (1) Bapak Kandardi Lookman selaku Ketua Yayasan Dhammajaya, (2) Bapak Satimin, S.Pd. selaku Pembimas Buddha Provinsi Jawa Timur, dan (3) Ibu MT. Ekawati Rahayu, S.H., M.H. selaku Bakesbangpol Kota Surabaya yang mewakili Bapak Wali Kota Surabaya.

Kemudian pemberian cinderamata kepada Upajjhāya, Ācariya, Pembimas Buddha Provinsi Jawa Timur, dan Bapak Wali Kota Surabaya yang diwakili oleh Ibu MT. Ekawati Rahayu.

Acara ditutup dengan Namakāra Pāṭha yang dipimpin oleh Upajjhāya dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Berita Lainnya