Upacara Penahbisan Pabbajjā Sāmaṇera di Vihāra Tanah Putih, Semarang, Jawa Tengah

Upacara Penahbisan Pabbajjā Sāmaṇera di Vihāra Tanah Putih, Semarang, Jawa Tengah.

Penahbisan Pabbajjā Sāmaṇera dilaksanakan pada hari Jumat, 5 Juli 2024 pukul 08.00 WIB yang diawali dengan Padakkhiṇā di Candi Saṅghamūla Dhātumandira, dilanjutkan peserta memasuki ruang Dhammasala.

Dalam acara penahbisan tersebut, Y.M. Bhikkhu Jothidhammo Mahāthera bertindak sebagai Upajjhāya dan Ācariya oleh Y.M. Bhikkhu Dhammasubho Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Jāgaro Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Dhammadhīro Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Subhapañño Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Cittanando Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Cattamano Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Sujano Mahathera, Y.M. Bhikkhu Abhayanando Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Jayaratano Thera, Y.M. Bhikkhu Khemadhīro Thera, dan Y.M. Bhikkhu Abhiseno.

Penahbisan ini dihadiri pula oleh Y.M. Bhikkhu Ciradhammo Mahathera, Y.M. Bhikkhu Upasanto, Y.M. Bhikkhu Dhīramano (selaku ketua panitia), Sāmaṇera Vijjārato, dan Sāmaṇera Samarato.

Pelatihan Pabbajjā Sāmaṇera ini diikuti oleh 51 peserta, dimulai dengan kedatangan peserta pada tanggal 2 Juli, cek kesehatan 3 Juli, cukur rambut 4 Juli, dan penahbisan di tanggal 5 Juli. Pelatihan ini berlangsung hingga 15 Juli 2024.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan menambah Saddhā para peserta Pabbajjā kepada Buddha, Dhamma dan Saṅgha, serta dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

Berita Lainnya