Perayaan Māghapūja 2566 BE/2023 Gabungan Beberapa Vihara di Banyuwangi

Bhikkhu Tejapuñño Mahāthera didampingi oleh Sāmaṇera Dhantadhīro menghadiri perayaan Māghapūja 2566 BE/2023 gabungan dari beberapa vihāra di Banyuwangi yang dilaksanakan di dua vihara yang berbeda, pada 18 dan 19 Maret lalu.

Perayaan pada hari pertama, 18 Maret, dilaksanakan di Vihāra Dhamma Manggala, oleh umat Buddha yang tergabung dari Pañca Vihāra yang ada di Kecamatan Pesanggaran.

Diawali dengan pembacaan Sutta selama 12 jam yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Umat ​​yang hadir menyemarakkan serta mengikuti pembacaan hadir dari luar kota, seperti Surabaya.

Hari kedua (19/3), perayaan umat Buddha dari Tri Vihāra Kandangan-Sarongan yang diadakan di Vihāra Pañcabala, dibuka dengan doa adat Jawa dan dilanjutkan prosesi pradaksina dan pembacaan Sutta selama 6 jam.

Selain umat Buddha dari Pesanggaran khususnya dari dua Desa yakni Kandangan dan Sarongan, juga dihadiri oleh umat dari Surabaya dan Bali.

Kedua perayaan tersebut disiarkan langsung melalui kanal YouTube Medkom KBTI Banyuwangi dan Radio Paramitha FM, Blitar. [nanda]

Berita Lainnya