Penahbisan Upasaka-upasika Aṭṭhasīla Remaja XVIII 

Senin, 17 April 2023 telah dilaksanakan penahbisan Upasaka-upasika Aṭṭhasīla Remaja XVIII di Vihara Guṇa Vijaya, Tanjungpinang.

Upacara Penahbisan ini diawali dengan Pradaksina oleh peserta aṭṭhasīla, pembacaan Namakkāra Pātha, Sīlācariya memasuki ruang dhammasala, mempersembahkan āmisapūjā oleh calon upāsaka-upāsikā aṭṭhasīla kepada sīlācariya dan pelamar delapan sīla untuk menjalani kehidupan sebagai aṭṭhasīla.

Tuntunan sīla diberikan oleh YM Bhikkhu Ratanajaya selaku sīlācariya yang dilanjutkan dengan pesan Dhamma. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pesembahan āmisadāna, pelimpahan jasa, pemercikan tirta parita dan ditutup Namakkāra Pātha.

Program Pelatihan Aṭṭhasīla Remaja XVIII ini dilaksanakan dari tanggal 16-21 April 2023. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh YM Bhikkhu Ratanajayo selaku Padesanāyaka Kepulauan Riau, YM Bhikkhu Karunasīlo, dan Aṭṭhasīlanī Attharatini.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 peserta yang terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini semua berdomisili di Kepulauan Riau, yaitu: Tanjungpinang, Tanjung Uban dan Daik Lingga.

Setiap harinya, kegiatan diawali dengan chanting pagi bersama YM Bhikkhu Ratanajayo, YM Bhikkhu Karunasilo, dan Aṭṭhasīlanī Attharatini. Siang hari terdapat sesi hidup dan pelajaran. Selain itu, peserta juga mengikuti chanting malam dan puja bakti Uposatha Bulan Gelap.

Semoga dengan pelatihan yang singkat ini, dapat memberikan manfaat, membawa kemajuan batin, dan tercapainya cita-cita luhur. Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan pada kesempatan lain dan semoga kita maju di dalam Dhamma. Sabbe Sattā Bhavantu Sukhitattā, semoga semua makhluk berbahagia. (Indri)

Berita Lainnya