Perayaan Dhammasanti Waisak 2568 TB/2024 se-Kabupaten Banyuwangi

Perayaan Dhammasanti Waisak 2568 TB/2024 se-Kabupaten Banyuwangi.

Sabtu, 1 Juni 2024, KBTI Banyuwangi menyelenggarakan Dhammasanti Waisak yang bertempat di Vihāra Dhammamukti. Acara ini dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Dhammavijayo Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Candakaro Mahāthera, Y.M. Bhikkhu Tejapuñño Mahāthera, dan Sāmaṇera. Turut hadir pula dalam kesempatan yang berbahagia ini, yaitu Pembimas Buddha Provinsi Jawa Timur, Camat Gambiran, Kepala Desa Yosomulyo, serta tokoh lintas agama.

Sekitar 1.500 umat Buddha yang datang dari berbagai vihāra binaan Saṅgha Theravāda Indonesia di Kabupaten Banyuwangi, Jember, Bondowoso serta tamu undangan dari Surabaya berkumpul dan bersukacita bersama merayakan kebahagiaan Waisak.

Acara diawali dengan penampilan tari Garuda dan tari Gandrung, yang merupakan tarian tradisional khas Banyuwangi sebagai persembahan budaya lokal. Penyanyi Buddhis lokal juga mempersembahkan lagu-lagu Buddhis sebagai wujud sambutan yang hangat kepada semua yang hadir, sehingga membawa semangat dan kebersamaan.

Acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh YM. Bhikkhu Tejapuñño Mahāthera selaku Upa-Padesanāyaka Provinsi Jawa Timur.

Pesan Dhamma disampaikan oleh Y.M. Bhikkhu Candakaro Mahāthera. Dalam ceramahnya, Beliau menekankan pentingnya kepedulian sosial, saling menghormati dan menghargai dalam hidup bermasyarakat, sehingga tercipta keselarasan dan kebahagiaan.

Semoga perayaan Dhammasanti Waisak ini mendorong tumbuhnya semangat kebersamaan, persatuan, kerukunan intern umat beragama, antar umat beragama, serta umat beragama dan pemerintah.

Semoga semua makhluk berbahagia.

Berita Lainnya