Piṇdapāta massal Vihāra Metta Palmerah dalam memperingati Hari Tri Suci Waisak 2568 TB/2024

Piṇdapāta massal Vihāra Metta Palmerah dalam memperingati Hari Tri Suci Waisak 2568 TB/2024 menjadi gambaran toleransi beragama.

Minggu, 09 Juni 2024 – Vihāra Metta Palmerah mengadakan Piṇdapāta yang digelar di lingkungan Palmerah Barat sampai Palmerah Utara dan dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Sombat Pavitto Mahāthera beserta 7 Bhikkhu Saṅgha Theravāda Indonesia, 4 Sāmaṇera, dan 2 Aṭṭhasīlanī.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyemangati umat-umat di sekitaran Palmerah sekaligus mengajak para umat dan masyarakat berbuat baik melalui berdāna.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Bpk. Predi Hamdani selaku ketua pengurus Vihāra Metta Palmerah yang kemudian diikuti dengan sambutan dari Ketua RW 07, Bpk. Antok Suyanto, dan sambutan dari Bhikkhu Saṅgha yang diwakili Y.M. Bhikkhu Atthadhīro Thera serta pembacaan Paritta pemberkahan oleh Y.M. Bhikkhu Sombat Pavitto Mahāthera.

Menggemakan Waisak dengan kebajikan adalah salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, dan ketulusan niat ini didukung oleh para pejabat setempat yang hadir dan ikut memberikan dāna Piṇdapāta. Seluruh ketua RT di wilayah RW. 07, dan masyarakat sekitar dan sepanjang jalan Palmerah juga pemuka agama, Bpk. Uztad Syarifuddin turut menghadiri kegiatan ini.

Ketika para Bhikkhu, Sāmaṇera dan Aṭṭhasīlanī melakukan Piṇdapāta melewati pasar Palmerah, masyarakat setempat berduyun-duyun menyaksikan dengan gembira. Beberapa masyarakan non-Buddhis juga turut memberikan dāna Piṇdapāta.

Perbuatan baik ini diharapkan dapat menumbuhkan kebahagiaan bagi semua orang, oleh karena itu hasil dari Piṇdapāta juga akan dimanfaatkan untuk bakti sosial.

SELAMAT HARI TRISUCI WAISAK 2568 TB/2024. Semoga semua makhluk, hidup berbahagia.

Berita Lainnya