Perayaan Dharmasanti Trisuci Waisak 2568 TB/2024 Provinsi Kalimantan Barat

Perayaan Dharmasanti Trisuci Waisak 2568 TB/2024 Provinsi Kalimantan Barat, yang diselenggarakan di Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Minggu, 9 Juni 2024 telah berlangsung Perayaan Dharmasanti Trisuci Waisak yang dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Jayamedho Thera dan umat Buddha yang berdomisili di Provinsi Kalimantan Barat, umat yang hadir sekitar 1.300 orang memenuhi tempat acara berlangsung.

Turut hadir dalam Perayaan Dharmasanti Trisuci Waisak diantaranya Gubernur Kalimantan Barat Bapak Dr. H. Harisson, M.Kes, Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Bapak Drs. Supriyadi, M.Pd., Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat, Pembimas Buddha Kanwil Kalimantan Barat, serta para tamu undangan yang hadir.

Serangkaian Dharmasanti Trisuci Waisak diawali laporan dari Ketua Panitia Pdt. Supriadi yang melaporkan bahwa kegiatan diawali dengan bakti taman makam pahlawan, bakti sosial, donor darah, lomba tari kreasi, lomba mewarnai dan puncaknya adalah Dharmasanti Waisak. Acara ini terselenggara atas kerja sama lintas majelis dan organisasi kepemudaan Provinsi Kalimantan Barat.

Pesan Dhamma disampaikan oleh Y.M. Bhikkhu Jayamedho Thera, bhante menguraikan tentang keebahagiaan lahir di dapat kalau kita memiliki kebahagiaan batin, yaitu bahwa kita harus bisa mengikis keserakahan lobha (ketidaktahuan),
Kita juga harus bisa mengikis kebencian, kebencian, dan iri hati. Kemarahan harus dirubah menjadi keramahan, kedermawanan harus juga kita kembangkan, maka pengembangan dari sifat-sifat negatif menjadi positif ini adalah penting sekali agar kita itu memperoleh sukha (kebahagiaan).

Berita Lainnya