Dharmasanti Waisak 2568 TB/2024 di Vihāra Metta Bhumi, Plandi, Banyumas, Jawa Tengah

Saṅghanāyaka Saṅgha Theravāda Indonesia, Y.M. Bhikkhu Sri Subhapañño Mahāthera menghadiri perayaan Dharmasanti Waisak 2568 TB/2024 di Vihāra Metta Bhumi, Plandi, Banyumas, Jawa Tengah.

Pada hari Jumat, 28 Juni 2024 umat Buddha Dusun Plandi, Kabupaten Banyumas dan sekitarnya merayakan Dharmasanti Waisak bertempat di Pelataran Vihāra Metta Bhumi, turut hadir Y.M. Bhikkhu Cattamano Mahāthera, dan Bhikkhu Upasanto.

Dalam tamu undangan dihadiri oleh Sekretaris Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Bapak Dr. Triroso, S.Ag.,S.Pd.,M.M., Pembimas Buddha Jawa Tengah Bpk. Karbono, S.Ag.,M.Pd.B., Kasubag TU Kantor Kemenag Kab. Banyumas Bpk. Dr.Muhammad Wahyu Fauzi Aziz, FKUB, Camat Tambak Ibu Ika Supriatin, S.STP., Danramil Tambak, Kapolres Tambak, para donatur, para umat Buddha Kab.Banyumas, Kab. Kebumen, dan Kab. Wonosobo, serta para tamu lainnya, seperti umat dari Kab. Cilacap.

Dharmasanti ini dirangkai oleh kegiatan Bakti Sosial yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Banyumas pada Sabtu, 29 Juni 2024 berupa Pengobatan Gratis yang dimulai Pkl 08:00 WIB.

Perayaan Dharmasanti diawali dengan penampilan Tari Gambyong versi Banyumasan, yang pada umumnya tarian ini menyuguhkan kesan penampilan yang bergas, lembut, wibawa, dan terselip keanggunan yang dibawakan oleh para siswa SMB, yakni Dwi dan Sedya. Para generasi muda membacakan syair-syair Dhammapada. Solo Vihara Gita. Tari Lenggok dibawakan oleh anak-anak SMB Dhamma Giri. Panembromo dibawakan Ibu-ibu Wandani Vihāra Metta Bhumi.

Dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia oleh Bpk. Saring, S.Ag., M.Pd.B. Sambutan dari Sekretaris Dirjen Bimas Buddha, dan dari Kasubag TU Kantor Kemenag Kab. Banyumas.

Berita Lainnya