Dharmasanti Waisak 2568/2024 sekaligus Peresmian Gedung Sekolah Buddhis Paramita di Vihāra Dharma Cakra, Bulungan, Kalimantan Utara

Padesanāyaka Kalimantan Timur Y.M. Bhikkhu Ṭhitaviriyo Thera menghadiri Dharmasanti Waisak 2568/2024 sekaligus Peresmian Gedung Sekolah Buddhis Paramita di Vihāra Dharma Cakra, Bulungan, Kalimantan Utara.

Sabtu, 29 Juni 2024 telah berlangsung perayaan Dharmasanti Waisak 2568/2024 sekaligus Peresmian Gedung Sekolah Buddhis Paramita di Vihāra Dharma Cakra, yang turut dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Nandavīro Thera.

Turut hadir dalam undangan istimewa ini yaitu dihadiri oleh Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Bapak Drs. Supriyadi, M.Pd., Gubernur Kalimantan Utara, Bapak Dr. (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M. Hum dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Utara, hadir juga Wakil Bupati Bulungan, Bapak Engkong Ala, S.E., M.Si serta tamu undangan lainnya.

Sesi Pra-acara diisi dengan penampilan siswa-siswi Sekolah Buddhis Paramita, anak-anak SMB Vihāra Dharma Cakra. Tidak kalah semangatnya Ibu-ibu Wandani Kabupaten Malinau, Patria Kota Tarakan dan Patria Kabupaten Berau juga turut memeriahkan.

Sebagai penanda pembukaan acara inti diawali dengan parade budaya Kalimantan Utara, dirangkai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan penampilan tarian kreasi 4 budaya Kaltara oleh Ibu-ibu Wandani kabupaten Bulungan. Acara ditutup dengan Drama tiga peristiwa penting oleh Patria Kabupaten Bulungan.

Y.M. Bhikkhu Ṭhitaviriyo Thera memberikan pesan Dhamma tentang pentingnya memperkokoh persatuan dalam keberagaman bangsa yang sangat majemuk.

Dalam sambutannya Bapak Gubernur menyampaikan ucapan selamat dan permohonan maaf atas pergeseran waktu pelaksanaan Dharmasanti Waisak. Beliau juga sangat mengapresiasi adanya Sekolah Buddhis paramita di Tanjung Selor, sebagai wujud menyongsong Indonesia Emas ditahun 2045, lebih lanjut Dharmasanti Waisak adalah wujud sukacita, dan peresmian Gedung Sekolah Buddhis Paramita adalah kebanggaan kami.

Berita Lainnya